Pendahuluan
Otomatisasi
Kantor (office automation), atau OA
merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melaluiperbaikan
proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan.
Dimulai
pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape
/Selectric Typewriter ( MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata
yang telahdirekam dalam pita magnetik secara otomatis.
Otomatisasi Kantor
Otomatisasi Kantor
(office automation), atau OA
merupakan penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan
informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di
dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.
Ø System Elektronik Formal dan Informal
System formal diterapkan diseluruh perusahaan untuk memenuhi
kebutuhan organisasi, mirip dengan SIM. System OA informal diterapkan saat
diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri.
Ø Komunikasi Informasi
OA dimaksudkan untuk
memudahkan segala jenis komunikasi, baik lisan maupun tertulis.
Ø Orang-orang di Dalam dan di Luar Perusahaan
System OA pada masa kini memudahkan komunikasi tidak hanya
di antara orang-orang di dalam perusahaan, tetapi juga dengan orang lain di
lingkungan perusahaan.
Pengguna
Otomatisasi kantor (office automation)
digunakan oleh semua orang yang bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya ada
empat kategori pengguna Otomatisasi Kantor, yaitu :
- Manajer
Orang yang
bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan, terutamaSDM.
- Profesional
Profesional
tidak mengelola orang, tetapi menyumbangkan keahlian khususnya.
Misalnya :
Pembeli, wiraniaga, dan asistenstaff khusus.
Manajer
dan professional secara bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
- Sekretaris
Biasanya
ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas
seperti menangani korespondensi, menjawab telepon, dan mengatur jadwal
pertemuan.
- Pegawai administrative
Melaksanakan
tugas-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun
dokumen, menyimpan do
Model Otomatisasi Kantor
Karena OA
tidak memiliki kemampuan pengolahan data, penggunaan database dibatasi pada isi
informasi. Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis computer
seperti pengolahan kata, surat elektronik, dan konferensi computer.
Tujuan Otomatisasi Kantor
- Penggabungan dan penerapan teknologi.
- Memperbaharui proses pelaksanaan pekerjaan di kantor.
- Meningkatkan produktifitas dan efektifitas pekerjaan.
- Otomatisasi Kantor memberikan kemampuan antar manajer untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik dalam memecahkan masalah.
- Peningkatan komunikasi dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
Tujuan Otomatisasi kantor Masa Kini
- Pendapatan yang Lebih Tinggi Vs Penghindaran Biaya
Komputer
tidak menggantikan pekerjaan saat ini, tetapi computer menunda penambahan
pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.
- Pemecahan Masalah Kelompok
Cara
Otomatisasi kantor berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya
sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah kelompok.
- Pelengkap Bukan Pengganti
Sebagai
suatu cara komunikasi bisnis, Otomatosasi Kantor bukan tanpa keterbatasan.
Otomatisasi kantor tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal
tradisional–percakapan tatap muka, percakapan telepon, pesan tertulis pada
memo, dan sejenisnya. Otomatisasi Kantor harus bertujuan melengkapi komunikasi
tradisional.
BAB
II
Aplikasi Otomatisasi Kantor
- Pengolahan Kata (Word Processing)
Word
processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara otomatis
melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau
cetak.
Word
processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah dengan memberikan
kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis yang lebih efektif
untuk diberikan kepada anggota lain.
- Electronic Mail
Electronic mail yang dikenal dengan
e-mail adalah penggunaan jaringan computer yang memungkinkan pemakai untuk
mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan menggunakan terminal computer dan
peralatan penyimpanan.
- Voice Mail
Voice mail
persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa anda hanya mengirimkan
pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan bukan mengetiknya.
Dan anda menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang telah dikirimkan kepada
anda.
Voice mail
memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital
dan mengubahnya kembali menjadi benuk audio saat dipanggil.
- Electronic Calendaring
Electronic
calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil
acara yang telah ditetapkan oleh manajer. Electronic calendaring bersifat
khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia hanya menyusun
terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi.
- Audio Conferencing
Audio
conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat
hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan
melakukan konferensi.
Audio
conferencing adalah aplikasi Office Automation pertama yang tidak memerlukan
komputer. Ia hanya memerlukan penggunaan fasilitas komunikasi audio dua arah.
- Video Conferencing
Video
conferencing melengkapi signal audio dan signal video. Peralatan televisi
digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video. Orang yang berada
dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di
lokasi lain selagi konferensi dilakukan.
Tiga konfigurasi video conferencing
( tergantung pada peralatan yang digunakan), yaitu:
1)
Video satu arah dan audio satu arah
2)
Video satu arah dan audio dua arah
3)
Video dan audio dua arah
- Computer Conferencing
Computer
conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga member kemampuan
seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya
konferensi. Aplikasi ini hampir sama dengan electronic mail, karena kedua
aplikasi ini menggunakan hardware dan software yang sama.
Istilah
‘teleconferencing’ digunakan untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik untuk
konferensi.
Teleconferencing
digunakan dalam seluruh proses pemecahan masalah yang gunanya untuk menukar
informasi diantara pemecah masalah (orang-orang yang memecahkan masalah) yang
berada di kota yang berlainan.
- Facsimile Transmission
Facsimile
transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang
dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat
salinan atau copy di ujung yang lain. Fax sangat mudah diimplementasikan dan
dioperasikan. Jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai channelnya dan
pengoperasian peralatannya tidak lebih sulit daripada mengoperasikan mesin
fotocopy.
- Video Text
Video text
adalah penggunaan computer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual
pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau tabulasi, dan ia
disimpan dalam penyimpanan sekunder pada computer.
- Pencitraan (Imaging)
Beberapa
jenis perusahaan mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga mereka harus
menyimpannya dalam file agar informasi dapat dipanggil atau didapatkan kembali
jika diperlukan.
Untuk
mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan
microform, yang berupa microfilm dan microfiche. Microform akan mengurangi
kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image
storage and retrieval digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan
untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah.
- Desktop Publishing
Desktop
publishing atau dtp adalah pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir
sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem desktop publishing terdiri
atas mikrokomputer dengan layar crt yang beresolusi tinggi, printer laser,
software desktop publishing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar