DEFINISI
New Media adalah media yang sedang berkembang saat ini dalam
konteks teknologi,informasi maupun komunikasi. Media Modern menjadi Payung
Kehidupan yang menghubungkan Manusia dengan Manusia, dan Manusia dengan
Teknologi pada abad ini.New media dijadikan sebagai perantara antara perangkat
digital dengan manusia. Pengguna dapat lebih interaktif dalam melakukan suatu
interaksi sosial . New media itu sendiri diartikan sebagai media sosial yang
dapat mepermudah pengguna untuk mendapatkan suatu informasi maupun untuk
memberikan suatu informasi .
Teknologi yang paling digambarkan sebagai “media baru”
adalah digital, sering memiliki karakteristik yang dimanipulasi, melalui
jaringan, padat, kompresibel, dan interaktif. Beberapa contoh mungkin internet,
website, multimedia komputer, game komputer, CD-ROM, dan DVD. Media baru tidak
termasuk program-program televisi, film, majalah, buku, atau kertas publikasi
berbasis -. Kecuali mereka mengandung teknologi yang memungkinkan
interaktivitas digital.
Media Baru adalah istilah yang
dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau
jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.
Menurut
para ahli :
1. Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18)
merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era
komunikasi tulisan, Kedua, era komunikasi cetak, Ketiga, era telekomunikasi,
dan Keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang
pada era komunikasi interaktif.
2.
Menurut Ron Rice mendefinisikan
media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di
dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya
untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang
diinginkan.
3. Sementara menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana
seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi; distribusi pesan lewat satelite
meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam
proses komunikasi yang semakin meningkat.
PANDANGAN NEW MEDIA
Pada dasarnya new media adalah jembatan antara manusia
dengan manusia dan manusia dengan teknologi. Tentu ini merupakan sebuah gagasan
atau ide dengan maksud positif. Banyak hal positif dan efisiensi yang sangat
menarik dalam beberapa aspek,baik media sosial atau alat elektronika. Misalnya:
surat elektronik,lebih mudah,cepat dan lebih efektif. Menurut saya pribadi
tidak ada hal atau alasan untuk menyampingkan new media,karena yang saya rasa akan
banyak sekali manfaat yang kita dapat.
MANFAAT NEW MEDIA
1. Globalisasi dan media baru
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara
orang di seluruh dunia dan Internet. Ini telah memungkinkan orang untuk
mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan lainnya user-generated
media.
2. Sebagai alat untuk perubahan
sosial
New Media komponen yang mengutip aktivis sebagai alat untuk
perubahan yang belum dibahas secara luas seperti itu oleh akademisi. New Media
juga menemukan digunakan dengan gerakan sosial yang kurang radikal seperti
Kampanye Pelukan Gratis. Menggunakan website, blog, dan video online untuk
menunjukkan efektivitas dari gerakan itu sendiri.
3. Keamanan nasional
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas
spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database
dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah
nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan
Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang
kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas
pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara.
4. Interaktivitas dan media baru
Interaktivitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media
baru menggunakan opsi berkembang dari penyebaran cepat dari jalur akses
Internet, digitalisasi media, dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice
didefinisikan sebagai media baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau
memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktivitas dan interaktifitas antara
pengguna dan informasi. New Media perubahan terus menerus karena selalu diubah
dan didefinisikan ulang oleh interaksi antara pengguna, teknologi baru,
perubahan budaya, dll
KOMPONEN NEW MEDIA
Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan
Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media
karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial.
Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat
mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita
untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan
sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita
mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan,
antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet.
Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.
APLIKASI NEW MEDIA
Jejaring Sosial
Contoh aplikasi new media dalam bidang
jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll.
Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring
sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call dll. Kelebihan
new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah.
Online Shop
Produk produk sekarang dengan mudah bisa
dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia
maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog,
website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat.
Informasi/Pendidikan
Untuk mencari segala informasi maupun
berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi
seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya.
KONSEP NEW MEDIA
Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai "
media baru " adalah digital , sering kali memiliki karakteristik yang
dimanipulasi , menggunakan jaringan , padat , kompresibel , dan interaktif .
Beberapa contoh mungkin internet , website , multimedia komputer , game
komputer , CD -ROM , dan DVD. Media baru tidak termasuk program televisi , film
, majalah, buku , atau publikasi berbasis kertas - kecuali mereka mengandung
teknologi yang memungkinkan interaktivitas digital " .
Sebagai konsekuensi dari merangkum cepat Media Baru oleh
bisnis, komunikasi, dan lain-lain, pertanyaan " apa itu New Media? "
tidak menerima tanggapan resmi atau standar yang ditetapkan. Sebaliknya,
tanggapan untuk pertanyaan ini sering mensyaratkan serangkaian kata kunci basi
atau frase kosong yang efektivitasnya yang belum ditentukan. Pertanyaan tentang
media baru bukan pertanyaan yang hanya seperti daftar mainan baru dan
alat-alat. Sebaliknya, ada pertanyaan kualitatif yang kita kaitkan sebagai
produk atau elemen dari New Media. Sebuah pertanyaan yang baik sebagai ganti
dari "apa itu New Media?" Adalah "apa yang bukan New
Media?". Yang pasti, ada beberapa petunjuk pasti untuk membimbing
pertanyaan para pengguna abad 21.
Istilah "media baru " tampaknya lari dari
pengertian aslinya. Secara luas , media baru adalah cara mengatur awan teknologi
, keterampilan , dan proses yang berubah begitu cepat sehingga tidak mungkin
untuk sepenuhnya menjelaskan apa alat dan proses tersebut. Misalnya, ponsel di
akhir 1980-an bisa dianggap sebagai bagian dari media baru , sementara hari ini
istilah mungkin hanya berlaku secara selektif untuk jenis dari telepon tertentu
dengan sistem aplikasi yang diberikan , atau bahkan yang lebih umum , isi dari
aplikasi tersebut. Bagian dari kesulitan dalam mendefinisikan New Media adalah
bahwa ada kualitas yang sulit dipahami untuk gagasan dari kata " baru”.
Kemungkinan tak terbatas untuk komunikasi, untuk inovasi , dan pendidikan tentu
saja merupakan elemen dasar yang membentuk konsepsi kita tentang penggunaan New
Media mulai saat ini.
Namun demikian, dalam mencari definisi " New Media
" kita perlu beberapa prinsip dasar yang dapat membantu kita mendapatkan
pemahaman positif yang lebih baik dari apa itu New Media apa yang bukan New
Media. New Media dapat dicirikan dengan penggunaan beraneka ragam gambar , kata
, dan suara . Jaringan dari gambar, suara , dan data teks tersebut berbeda dari
format media lama seperti surat kabar cetak karena karakteristik bersarang
(nesting).
Nesting adalah cara mengatur penyajian informasi yang
sesuai dengan subyek sementara perhatian tambahan untuk konteks. Di tempat
konteks , nesting ( paling sering terlihat di teks atau gambar hyper- linking )
adalah format yang menumbuhkan organisasi dengan cara di mana elemen
berinteraksi satu sama lain , bukan hanya mengikuti perintah langsung. Organisasi
data baru ini tidak memerlukan " back story " dan setiap elemen
interaktif informasi berdiri sendiri. New Media memerlukan penafsiran
non-linear , karena banyak sumber yang sering berorientasi di sekitar subjek –
pusat yang sama, tetapi tidak selalu disusun . Pada sekarang ini semua ini
berarti bahwa salah satu ciri utama dari New Media adalah bahwa ia dibebaskan
dari pembatasan linear format lama seperti surat kabar , buku , dan majalah .
Mungkin konsepsi New Media ini hanya bagian dari seluruh
gambar dan garis kerangka diskusi yang lebih mendalam . Kami menyadari bahwa
banyak antarmuka secara online memperkaya pengalaman universitas dan kantor,
membuat nesting dan penulisan yang dapat dipahaim, drop-box , dan dukungan chat
berbasis pusat . Hal pertama yang disadari oleh siapa saja yang menggunakan
" New Media " di abad dua puluh satu ini adalah bahwa teknologi dan
kemampuan untuk inovasi tidak selalu menentukan kegunaannya atau itu potensial.
Tentu saja, itu semua berada di bahu pengguna.
CONTOH NEW MEDIA
1.
Google, altavista, yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi
pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
2.
CNN, BBC, detik, okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk
memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
3.
Youtube, seleb.tv, metacave dan website sejenisnya yang menyediakan layanan
membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara
audio visual.
4.
Twitter, facebook, friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan
mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja
dibagikan kepata publik.
5.
BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara
online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan
buku elektronik (e-book), dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar